Cara Membuat Hidangan Kimchi Lezat Sederhana

Cara Membuat Hidangan Kimchi Lezat Sederhana – Kimchi adalah sajian makanan lezat sederhana yang berasal dari sayuran dan campuran bumbu khusus dan telah melewati tahap fermentasi. Kategori makanan vegetarian ini biasa disantap sebagai menu appetizer atau menu pelengkap dalam berbagai sajian seperti nasi goreng spesial dan lainnya.

Kimchi ini memiliki rasa khas dan unik yaitu pedas dari campuran cabe bubuk dan asam dari hasil fermentasi kimchi. Fermentasi ini memakan waktu hingga dua hari lamanya untuk menghasilkan proses fermentasi yang sempurna dan berhasil. Kandungan mineral dan vitamin dari sayuran yang terdapat pada kimchi ini baik sekali dan tentnya sehat jika dikonsumsi dengan banyak manfaat seperti dapat membantu kekebalan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan, terhindar dari kanker dan kolesterol. Berikut saran penyajian pembuatan kimchi dari resep cara membuat hidangan kimchi lezat sederhana.

Cara Membuat Hidangan Kimchi Lezat Sederhana

Korean Food Kimchi

Komposisi

  • Sawi putih 1 bh, ukuran besar
  • Lobak putih ½ btg, potong panjang tipis
  • Bawang daun 4 btg, potong panjang tipis
  • Bawang putih 4 bh, haluskan
  • Jahe 1 ruas, haluskan
  • Bubuk cabe 6 sdm
  • Garam halus 2 sdt
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam kasar ½ gelas
  • Air putih bersih secukupnya
  • Saus ikan/kecap ikan 2 sdm

Cara Membuat Hidangan Sehat dan Lezat Kimchi

  1. Bersihkan sawi lalu rendam dalam campuran air garam (air matang + ½ gelas garam kasar) sampai 6 jam lamanya.
  2. Setelah itu, angkat dan bersihkan kembali sawi lalu tiriskan. Sawi yang sudah dibersihkan ini selanjutnya dipotong, diiris-iris atau dibiarkan utuh sesuai selera.
  3. Kemudian sawi yang sudah direndam dan dibersihkan ini dilumuri dengan campuran garam halus, saus ikan/kecap ikan, lobak, bawang daun, bawang putih, jahe, cabe bubuk dam gula. Aduk dan remas sawi beserta lumuran campuran bumbu ini hingga mengeluarkan cairan dari sayuran tersebut.
  4. Setelah sawi tercampur dengan bahan campuran bumbu kemudian letakkan pada wadah dengan penutup atau toples untuk disimpan sampai dua hari lamanya supaya campuran bumbu yang dilumurkan pada sawi dapat meresap sempurna.
  5. Jika sudah melewati proses pendiaman selama dua hari lamanya berarti kimchi sudah siap untuk dinikmati.

Kimchi yang dibuat ini bisa dinikmati sebagai menu appetizer atau sajian pembuka atau juga dapat dijadikan sebagai pelengkap sajian pada pembuatan nasi goreng spesial kesukaan anda.

Penggunaan sayuran pada kimchi ini tentunya dapat disesuaikan dengan selera lidah anda yaitu dengan menambahkan berbagai jenis sayuran lainnya atau justru sebaliknya.

Penyimpanan campuran sayuran dengan bumbu dalam wadah yang ditutup rapat merupakan tahap fermentasi yang dilakukan dalam pembuatan kimchi. Jadi jangan menyimpannya dalam kulkas sebelum proses fermentasi selesai karena hal tersebut akan membuat proses fermentasi pada kimchi menjadi gagal.

Hasil Pencarian:

cara penyajian kimchi,Cara membuat kichri makanan khas india,cara menyajian kimchi,Cara menyajikan kimci,cara penyajian makanan kimci,makanan dengan campuran kimci,membuat kimchi dan penyajiannya,penyajian kimchi,resep cara membuat makanan permentasi manca negara,
Cara Membuat Hidangan Kimchi Lezat Sederhana | Umi Zahra | 4.5