Cara Membuat Kue Putu Mayang Gula Merah Enak

Cara Membuat Kue Putu Mayang Gula Merah Enak – Kue tradisional yang dinikmati bersama kuah manis gurihnya adahal putu mayang. Kue basah ini merupakan olahan berbahan dasar tepung beras yang dipadukan dengan bahan lain seperti tepung kanji, santan dan pewarna makanan hingga menjadi  adonan kue dengan tampilan warna-warni. Bentuk kue tradisional ini cukup unik yaitu seperti gulungan mie atau gulungan benang kusut. Sebelum siap dikonsumsi, adonan kue putu terlebih dahulu dibentuk dengan bantuan cetakan khusus berbentuk seperti tabung yang terdapat lubang-lubang kecil dibagian bawahnya. Adonan yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam cetakan ini lalu ditekan-tekan supaya keluar dari lubang-lubang kecil dibagian bawahnya. Pada saat ini pembentukan kue putu mayang dimulai dengan daun pisang atau daun nangka sebagai alasnya. Baru setelah itu hasil dari pembentukan kue putumayang dikukus matang dan siap dikonsumsi.

Dalam menikmati kue basah ini, kuah yang terbuat dari rebusan larutan gula dan santan menjadi pelengkap setiap sajiannya. Anda yang mungkin ingin mencoba membuat kue putu mayang bisa mengikuti langkah pembuatannya seperti pada resep berikut ini.

Cara Membuat Kue Putu Mayang Gula Merah Enak

Kue Putu Mayang Gula Merah

Bahan-bahan

  • Santan kelapa 600 cc
  • Tepung beras 350 gr
  • Tepung kanji 150 gr
  • Gula pasir 2 ½ sdm
  • Garam 1 ½ sdt
  • Pewarna makanan 3 macam
  • Secukupnya daun pisang/daun nangka

Untuk Kuah

  • Santan kelapa 550 cc
  • Gula pasir 30 gr
  • Gula merah 250 gr
  • Daun pandan2 lembar
  • Garam ½ sdt

Langkah Praktis Membuat Kudapan Tradisional Kue Putu Mayang Gula Merah Enak

  1. Larutkan tepung beras ke dalam santan kelapa kental lalu tambahkan dengan garam dan gula pasir. Aduk merata supaya menyatu lalu masak sampai meletup-letup. Setelah itu, tambahkan kembali dengan tepung kanji dan uleni sampai menjadi adonan kalis.
  2. Angkat adonan dan tuangkan ke dalam empat wadah yang berbeda. Masing-masingnya diberi campuran pewarna makanan yang berbeda-beda sesuai selera.
  3. Siapkan cetakan putu mayang lalu isi dengan adonannya yang sudah disiapkan dan tekan kuat supaya adonan keluar dari lubang-lubang kecil pada bagian bawah cetakan. Tahan adonan yang sudah keluar dari bawah cetakan dengan daun pisang atau daun nangka yang sudah dibersihkan dan beri sedikit minyak supaya tidak lengket. Tahan dengan gerak memutar zigzag supaya hasilnya terlihat seperti gulungan benang kusut. Begitu seterunya sampai selesai, sisihkan.
  4. Masukkan putu mayang yang sudah beralas daun pisang/daun nangka ke dalam pengukusan dan kukus sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  5. Berikutnya membuat kuah gula merah untuk siraman putu mayang dengan cara melarutkan gula pasir dan sisiran gula merah ke dalam santan lalu tambahkan dengan garam dan daun pandan, aduk supaya tercampur merata lalu masak sampai mendidih dan matang. Angkat kemudian saring dan tapung dalam wadah.
  6. Letakkan putu mayang kukus dalam mangkuk lalu siram dengan kuah santan gula merahnya.

Selain disajikan dengan saus santan gula merah, putu mayang juga dapat dijadikan makanan ringan kering seperti kerupuk. Caranya adalah menjemur putu mayang yang sudah dikukus di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering. Pengeringan ala tradisional ini bisa membutuhkan waktu berhari-hari tergantung cuaca. Setelah benar-benar kering, putu mayang baru bisa digoreng matang.

Save

Hasil Pencarian:

kue bentuk mie pakai gula merah,kue dari gula merah,kue di siram gula,kue kayak mie dimakan pake kuah gula merah,kue seperti mie tapi warna warni yang dilumuri gula merahh,kue yang bentuk kaya mie di cocol pake gula merah,putu mayang,
Cara Membuat Kue Putu Mayang Gula Merah Enak | Umi Zahra | 4.5