Cara Membuat Tahu Gurih Khas Sumedang

Cara Membuat Tahu Gurih Khas Sumedang – Sumedang merupakan kota yang terletak di daerah Jawa Barat yang diapit oleh dua kota besar yaitu Cirebon dan Bandung. Sumedang memiliki satu jajanan kuliner yang sudah sangat familiar dan populer yaitu tahu sumedang sehingga bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan sumedang tidak afdhol jika pulangnya tidak membawa oleh-oleh tahu sumedang. Banyaknya orang yang menyukai kuliner nikmat sederhana ini menstimulasi para pelaku bisnis kuliner untuk ikut menjajakan tahu sumedang diberbagai tempat strategis baik itu di kawasan sumedang sendiri atau bahkan sampai ke kota-kota lain. Pada dasarnya tahu sumedang sama saja dengan tahu lainnya yaitu terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang kemudian diproses dengan cara dihaluskan dan direbus hingga menghasilkan sari kedelai. Sari kedelai inilah yang kemudian diproses kembali menjadi makanan enak bergizi yaitu tahu. Anda yang ingin mencoba membuat tahu sumedang di rumah, ada beberapa langkah pembuatan tahu sumedang ala rumahan yang bisa coba anda simak dan duplikasikan langkah pembuatannya di dapur rumah anda seperti berikut ini.

Cara Membuat Tahu Gurih Khas Sumedang

Tahu Sumedang

Peralatan Membuat Tahu Sumedang

  • Food processor/blender
  • Wajan/kuali (anti karat)
  • Wadah baskom
  • Ancak (wadah bambu persegi dan berukuran cukup besar), untuk tempat hasil tahu yang sudah selesai dibuat

Komposisi Tahu Sumedang

  • 1 kg Kacang Kedelai
  • 45 liter air putih
  • 5 liter larutan biang
  • Secukupnya minyak Goreng
  • Secukupnya bumbu halus (kemiri, bawang putih dan garam), larutkan dalam secukupnya air

Langkah Membuat Tahu Sumedang Enak Gurih

Proses Pembutan Sari Kedelai

  1. Pilha erlebih dahulu biji kedelai yang bagus dan pisahkan dari biji kedelai yang sudah busuk dan tidak fresh lagi lalu cuci bersih dan rendam selama ±3 jam lamanya. Angkat, cuci bersih kembali dan tiriskan.
  2. Masukkan biji kedelai yang sudah selesai direndam ke dalam food processor atau blender untuk dihaluskan.
  3. Rebus kedelai yang sudah dihaluskan dengan secukupnya air hingga mendidih.
  4. Tambahkan air dingin ke dalam rebusan kedelai halus sebanyak 3 ml sambil diaduk rata atau juga dapat menambahkannya dengan ½ liter minyak. Penambahan air atau minyak ini bertujuan untuk menghindari munculnya busa pada saat proses perebusan kedelai halus berlangsung.
  5. Jika kedelai halus yang direbus sudah berubah warna menjadi kuning pucat dan matang berarti saatnya untuk diangkat lalu saring dengan bantuan tambahan secukupnya air panas. Proses penyaringan dianggap selesai jika air penyaringannya sudah menjadi jernih.

Proses Pengendapan Tahu

  1. Setelah proses penyaringan selesai, berikutnya mencampurkan kedelai halus dengan larutan biang. Aduk merata hingga menggumpal dan biarkan selama ±15 menit lamanya sampai mengendap.
  2. Jika sari kedelainya sudah menggumpal dan mengendap, kemudian pisahkan dari cairan sisa penyaringannya. Cairan ini nantinya akan digunakan kembali untuk larutan biang.

Proses Pencetakan Tahu

  1. Tahap berikutnya adalah mencetak sari kedelai yang menggumpal dengan cara mengaduknya kembali sampai hancur lalu tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan kain tipis khusus untuk penyaringan.
  2. Kemudian letakkan kain saring yang lain pada bagian atas sari tahu dan tutup dengan papan juga pemberat. Tunggu sekitar 15 menit lamanya sampai sari kedelai kembali menggumpal dan menjadi padat serta air pada sari kedelainya terperas.

Proses Pemotongan Tahu

  1. Sari kedelai yang sudah menjadi tahu dan bertekstur padat selanjutnya disimpan ancak/rak tahu yang terbuat dari bambu (biasanya berbentuk persegi dan berukuran cukup besar).
  2. Potong-potong tahu dengan bentuk kotak kecil atau besar sedang lalu rendamkna kembali bersama ancaknya dalam cairan larutan biang yang sudah disisihkan di atas. Tunggu sampai 10 menit lamnya agar meresap lalu angkat dan tiriskan.

Penyajian

  1. Tahu yang sudah dipotong-potong dan direndam kemudian digoreng matang dalam genangan minyak panas. Angkat dan tiriskan lalu letakan dalam bongsang.
  2. Tahu sumedang sudah siap disajikan.

Bongsang adalah wadah yang terbuat dari anyaman bambu yang diperuntukkan khusus untuk tempat atau wadah tahu sumedang yang telah selesai digoreng matang.

Tahu sumedang ini dapat anda nikmati sebagai cemilan bersama pelengkap cocolan sambal, mayonaise atau kecap atau juga dapat dihidangkan sebagai pelengkap sajian di meja makan.

Hasil Pencarian:

tahu sumedang,cara bikin tahu sumedang,cara bikin tahu sumedang dari kacang sampe tahu goreng sumedang,cara membuat bongsang tahu,cara membuat larutan biang tahu,cara membuat tahu khas sumedang,kedelai biji kering unuk membuat tahu sumedang,membuat tahu sumedang di rumah,sambalnya tahu sumedang,
Cara Membuat Tahu Gurih Khas Sumedang | Umi Zahra | 4.5