Resep Cara Masak Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama

Resep Cara Masak Ketupat yang Empuk dan Tahan LamaKetupat merupakan makanan berbungkus daun kelapa muda yang bahan utamanya adalah dari beras yang terlah dicuci bersih dan diberi tambahan bumbu (opsional). Hasilnya persis seperti lontong dan dapat disantap bersama kuah sayur, bumbu saus kacang, soto dan lain-lain. Makanan berat ini juga menjadi ikon lebaran idul fitri di mana pada hari tersebut hampir setiap warga muslim yang merayakan hari spesial setelah ramdhan menyiapkan ketupat untuk dimakan bersama opor ayam di hari itu.

Sederhana dan cukup unik, namun siapa sangka tidak semua orang bisa membuat lipatan bungkus ketupat dari daun kelapa muda. Sehingga tak heran bila banyak yang menjual bungkusan ketupat ini. Begitupun dengan cara membuat ketupat, meski terlihat biasa saja pembuatannya justru tidak segampang yang dibayangkan. Diperlukan tips membuat ketupat yang benar agar hasilnya sesuai keinginan dan terlebih rasanya enak.

Mengenai langkah membuat dan memasak ketupat, berikut ini makanajib.com hadirkan resep cara masak ketupat yang empuk dan tahan lama yang bisa coba anda simak dan praktekkan step by step-nya di rumah.

Resep Cara Masak Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama

Resep Ketupat Empuk Tahan Lama

Agar bisa membuat ketupat dengan tekstur yang empuk dan bisa bertahan cukup lama atau tidak cepat basi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

  1. Takaran Beras

Cuci beras sampai bersih lalu rendam sekitar ½ jam lamanya dan tiriskan. Apabila jenis beras yang dipakai adalah beras pulen, maka bungkus ketupatnya diisi sebanyak 2/3 nya saja. Namun bila jenis beras yang digunakan sedikit pera, maka bungkusa ketupatnya diisi sebanyak 1/3 nya saja.

  1. Pemilihan Panci untuk Merebus

Sebaiknya anda gunakan panci berukuran besar dalam tahap perebusan ketupat. Isikan air kedalamnya dan rebus sampai mendidih. Setelah itu, baru dimasukkan ketupat yang sudah berisi berasnya. Rebus sampai ketupat matang. Jika airnya menyusut sebelum kupatnya matang, maka tambahkan lagi air rebusannya. Setidaknya anda akan membutuhkan durasi waktu 4 sampai 5 jam lamanya dalam proses perebusan ketupat sampai benar-benar matang dan bertekstur empuk. Angkat ketupat yang sudah matang dan tiriskan. Keringkan dengan cara diangin-angin agar nantinya tidak mudah basi.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Opor Ayam Khas Nusantara

  1. Merebus Ketupat Menggunakan Panci Presto

Selain dengan panci biasa berukuran besar, anda juga bisa menggunakan panci presto dalam perebusan ketupat. Caranya sama, yaitu dengan mengisikan air pada panci presto lalu masukkan ketupatnya. Pastikan semua ketupat tergenangi air. Kemudian tutup rapat panci presto dan panaskan. Tunggu sampai airnya mendidih dan terdengan bunyi nyaring. Setelah itu, turunkan api menjadi sedang dan masak sekitar 60 menit lamanya.

Perlu diperhatikan, sebelum tutup panci prestonya dibuka anda harus mengeluarkan uap panas yang ada di dalam panci dengan membuka sedikit tutupnya. Bisa dengan diganjal atau digeser sedikit posisinya. Jika uapnya sudah hilang anda bisa langsung membuka tutup pancu lalu mengambil ketupatnya yang sudah matang dan ditiriskan. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan dikipas-kipas agar lebih tahan lama.

  1. Cara Penyimpanan

Bagian yang tak kalah pentingnya adalah cara penyimpanan ketupat yang sudah direbus matang. Dengan cara penyimpanan yang benar, ketupat matang dapat disantap hingga beberapa hari lamanya dan tetap enak meskipun dihangatkan kembali. Cara penyimpanannya adalah dengan membungkus ketupat matang yang belum sempat dimakan dengan bungkusan plastik lalu simpan di dalam kulkas. Saat akan disantap, anda bisa menghangatkannya dulu lalu menyajikannya. Nah, proses menghangatkannya ini cukup dengan dikukus saja ya.

Bila anda membuat ketupat dalam jumlah banyak dan yakin tidak akan habis dalam satu hari, pastikan tidak membuka bungkusan ketupat yang tidak akan disantap pada saat itu, terlebih memotong-motongnya. Hal ini supaya ketupat dapat di simpan dalam kulkas dan dihangatkan kembali di lain waktu. Dengan begitu ketupat akan tetap enak meskipun telah dihangatkan lagi.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Soto Padang Sedap Nikmat

Demikian tips cara masak ketupat empuk dan tahan lama yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Resep Cara Masak Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama | Umi Zahra | 4.5