Resep Cara Membuat Kue Akar Kelapa Enak dan Renyah

Resep Cara Membuat Kue Akar Kelapa Enak dan Renyah – Kue kering renyah lainnya yang juga bisa disuguhkan dalam riungan keluarga atau suguhan di meja tamu adalah kue kering akar kelapa. Kue ini juga masih termasuk ke dalam sajian kue tradisional khas nusantara di mana dalam tahap pembuatannya melewati dua tahapan penyajian. Tahap pertama adalah membuat adonan kue akar kelapa sedangkan tahap kedua adalah proses pencetakan kue akar kelapa dan penggorengan. Lebih jelasnya mengenai cara membuat kue akar kelapa ini dapat disimak langsung dalam resep cara membuat kue akar kelapa enak dan renyah berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Akar Kelapa Enak dan Renyah

Resep Kue Akar Kelapa

Komposisi

  • 1 bks Tepung beras (ketan putih), merk apa saja
  • 100 gram Gula pasir, kualitas bagus
  • 50 gram Wijen
  • 65 mili liter santan Kental, dari parutan kelapa
  • 3 pcs telur ayam, kocok lepas
  • Vanili secukupnya
  • Minyak sayur untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Kue dan Cemilan Renyah Akar Kelapa

Langkah Pembuatan Adonan Kue Akar Kelapa

  1. Tuangkan ke dalam wadah adonan bahan berupa gula pasir dan telur ayam lalu aduk dengan menggunakan mixer hingga menjadi kaku.
  2. Kemudian tambahkan campuran telur dengan vanili lalu aduk kembali menggunakan spatula.
  3. Setelah itu, tambahkan kembali adonan dengan wijen, tepung beras ketan dan santan. Aduk-aduk sekali lagi sampai benar-benar merata.

Langkah Penggorengan Kue

  1. Setelah adonan selesai dibuat selanjutnya eralih ke tahap penggorengan adonan dengan cara memanaskan minyak sayur yang telah disiapkan untuk menggoreng adonan. Agar hasil penggorengan maksimal, pastikan untuk tidak memanaskan minyak dalam keadaan overheat.
  2. Kemudian ambil adonan kue akar kelap yang sudah dibuat lalu cetak dengan menggunakan alat cetakan khusus kue akar kelapa. Alat cetakan kue akar kelapa ini sudah banyak tersedia di toko-toko kue.
  3. Setelah cetakan berisi adonan kue akar kelapa kemudian posisikan cetakan di atas wajan berisi minyak panas lalu putarkan cetakan agar adonannya keluar dan langsung tergoreng oleh minyak panasnya. Pastikan kue matang dan tidak gosong.
  4. Angkat jika sudah garing dan matang. Tiriskan dan tunggu sampai mnyaknya tersisih lalu masukkan ke dalam toples dengan penutup agar kue akar kelapa tetap garing dan renyah.

Karena proses pencetakan dan penggorengan dilakukan secara bersamaan, pastikan untuk menggoreng hasil cetakan dalam jumlah sedikit. Hal ini agar kue yang digoreng dapat matang secara merata. Agar minyak tidak overheat karena banyaknya adonan, pastikan juga menyiapkan minyak cadangan untuk mengganti minyak yang digunakan sebelumnya karena sudah terlalu panas. Lakukan berseling agar minyak tetap aman dipakai. Selain itu, adonan kue akar kelapa yang telah dibuat ini tidak bagus jika disisakan untuk digoreng keesokan harinya.

Hasil Pencarian:

resep kue akar kelapa tepung beras,cetakan kue akar kelapa,cetakan akar kelapa,kue akar kelapa,resep akar kelapa tepung beras,kue akar kelapa asin dari tepung beras,bentuk cetakan kue akar kelapa,resep akar kelapa asin,cetakan kue akar,akar kelapa,
loading...
Resep Cara Membuat Kue Akar Kelapa Enak dan Renyah | Umi Zahra | 4.5