Resep Membuat Kue Wingko Babat Praktis Tanpa Oven

Resep Membuat Kue Wingko Babat Praktis Tanpa OvenWingko babat merupakan salah satu kue tradisional khas nusantara yang dapat dengan mudah dijumpai di daerah pantai utara pulau jawa. Anda yang bepergian ke daerah tersebu dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta mungkin akan menjumpai para pedagang asongan yang menjajakan jajanan kue wingko babat seperti di area stasiun atau terminal.

Kue panggang berasa manis gurih, wingko babat juga menjadi kue pilihan yang telah ada di pusat jajanan oleh-oleh dan toko-toko kue. Bentuknya yang sederhana dan cara pembuatannya yang mudah tentu akan dapat memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bagi anda yang tertarik dan ingin berkreasi membuat kue tradisional dan jajanan pasar seperti kue wingko babat, berikut ini adalah daftar bahan dan cara pembuatan selengkapnya.

Resep Membuat Kue Wingko Babat Praktis Tanpa Oven

Resep Kue Wingko Babat

Resep Kue Wingko Babat Jawa

Bahan-bahan (untuk 8 porsi)

  • Tepung ketan 125 gram
  • Kelapa parut 300 gram
  • Air dingin 75 ml
  • Gula pasir 150 gram
  • Kuning telur 1 butir
  • Vanili 1 muk
  • Margrine 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Kue Wingko Babat Istimewa Menggunakan Teflon

  1. Jika anda sudah menyiapkan semua bahan kue wingko babat yang dibutuhkan, selanjutnya anda bisa memulai membuat adonan kue dengan mencampurkan santan kelapa dengan aor dingin dan gula. Kemudian rebus sampai mendidih dan tambahkan dengan margarine. Aduk-aduk sampai larut.
  2. Berikutnya, dalam wadah lain silahkan anda campurkan tepung ketan dengan garam, vanili dan kelapa parut. Aduk merata.
  3. Campurkan rebusan santan kelapa dengan campuran tepung ketan tadi dan aduk merata menggunakan spatula. Pastikan adonan tidak terlalu kental juga tidak terlalu encer.
  4. Siapkan teflon, panaskan dan beri olesan margarin. Kemudian tuangkan hasil campuran bahan kuenya ke dalam wadah tersebut. Ratakan sampai ketebalannya mencapai 1 – 1 ½ cm.
  5. Tutup teflon dan biarkan adonannya menjadi kue matang.
  6. Buka tutup teflon dan periksa kue. Jika bagian bawahnya sudah matang, oleskan bagian atasnya dengan kocokan telur yang suda diberi tambahan sedikit ari lalu segera balikkan dan olesi kembali dengan kocokan telur.
  7. Tutup kembali teflon dan panggang sampai matang merata.
  8. Untuk memastikan kue wingko babat sudah matang atau belum, anda bisa menusuk-nusuknya dengan menggunakan garpu.
  9. Jika dirasa sudah matang merata, segera angkat supaya tidak gosong dan tuangkan ke atas piring.
  10. Potong kue wingko babat menjadi beberapa bagian dan sajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Sagon Panggang Asli Enak

Demiian resep cara membuat kue wingko babat istimewa dan praktis tanpa menggunakan alat pemanggangan oven dari makanajib.com. Sekarang anda bisa membuat kue dan cemilan khas jajanan pasar dan oleh-oleh kerluarga ini kapan saja. Selamat mencoba dan semoga barhasil.

Resep Membuat Kue Wingko Babat Praktis Tanpa Oven | Umi Zahra | 4.5