Resep Rendang Jengkol Minang Kering Pedas Tidak Bau

Resep Rendang Jengkol Minang Kering Pedas Tidak BauMasakan sederhana namun penomenal dan pasti sudah dikenal oleh semua warga Indonesia adalah masakan jengkol. Ya, masakan dari bahan utama biji jengkol ini terkenal dengan aroma baunya yang khas tapi tetap saja menjadi menu utama yang bikin ngiler.

Jengkol sebenarnya tidak hanya dimasak dengan racikan aneka bumbu saja, tetapi juga banyak dikreasikan menjadi olahan cemilan seperti kerupuk jengkol, keripik jengkol, emping jengkol dan lain-lain. Namun begitu, di kesempatan ini makanajib.com tidak akan berbagi cara membuat aneka cemilan jengkol tersebut, melainkan akan berbagi cara membuat masakan rendang jengkol minang kering pedas tidak bau.

Aroma bau khas pada jengkol sebetulnya bisa diminimalisir dengan tips cara menghilangkan bua jengkol yang sangat sederhana. Caranya ialah dengan merendam terlebih dulu jengkol selama satu sampai dua malam. Bila perlu gunakan air dari sisa cucian beras dan juga siram jengkol dengan perasan air jeruk nipis. Namun bila terlalu riber, merendamnya selama satu malam juga sudah cukup dan bisa lanjut ke tahan memasak jengkol dengan racikan bumbu rendang ala minang.

Resep Rendang Jengkol Minang Kering Pedas Tidak Bau

Resep Rendang Jengkol Minang

Nah, untuk anda yang ingin berkreasi di dapur rumah dengan membuat sajian spesial dari bahan masakan sederhana jengkol bumbu rendang minang, simak langsung resepnya berikut ini.

Resep Rendang Jengkol Minang Kering Pedas

Bahan-bahan

  • 500 gr jengkol, rendam seiktar 1 malam lamanya
  • 500 ml santan kelapa kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari jahe, digeprek
  • 1 batang serai, digeprek
  • 250 ml air bersih
  • Secukupnya gula, garam dan penyedap rasa
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu-bumbu (dihaluskan)

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah, tanpa biji
  • 4 buah kemiri, disangrai
  • 1 ruas jari kunyit, dibakar

Cara Memasak Rendang Jengkol Minang Kering Pedas Tanpa Bau

  1. Silahkan terlebih dulu anda rendam jengkol yang akan dimasak selama 1 malam.
  2. Setelah itu, rebus jengkol hingga setengah matang dan teksturnya menjadi empuk. Angkat dan tiriskan.
  3. Bagian kulit yang menempel dengan biji jengkol dilepas dan bijinya dipipihkan dengan cara dipukul dengan palu kayu atau batu bersih. Cara ini bertujuan supaya biji jengkolnya nanti bisa dimakan dengan empuk dan juga bumbu masaknya terasa sampai ke bagian dalam jengkol. Namun hati-hati juga saat memipihkan jengkolnya. Jangan sampai jengkol malah hancur karena terlalu keras dipukul.
  4. Selanjutnya masak bahan bumbu masak yang sudah dihaluskan lalu tambahkan dengan jahe, daun dalam dan serai memar. Aduk merata dan masak sampai tercium aroma sedapnya, layu dan matang.
  5. Kemudian tambahkan masakan bumbu dengan jengkol yang sudah dipipihkan tadi. Aduk-aduk supaya tercampur rata dengan bumbu masaknya lalu siram dengan air.
  6. Tambahkan masakan jengkol dengan santan kelapa secara perlahan sambil diaduk rata.
  7. Lengkapi masakan dengan bumbu penyedap seperti garam, gula pasir dan penyedap rasa kesukaan anda. aduk merata dan masak hingga kuahnya menjadi kental dan menyusut.
  8. Tunggu selama beberapa saat lalu angkat.

Baca Juga : Resep Dendeng Batokok Kering Cabe Merah Ala Minang

Sebelum masakan jengkol diangkat, anda harus memastikan bahan bumbu dan penyedapnya sudah terasa pas. Segera hidangkan selagi masih hangat supay lebih terasa lezatnya.

Demikian cara membuat masakan rendang jengkol dari resep rendang jengkol minang kering pedas tidak bau. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Hasil Pencarian:

bikin seblak kerupuk kering,
Resep Rendang Jengkol Minang Kering Pedas Tidak Bau | Umi Zahra | 4.5