Abangan Makanan Tradisional Dari Bantul

Abangan Makanan Tradisional Dari Bantul – Bicara soal makanan khas Yogyakarta pasti langsung teringat gudeg jogja, makanan ini memang sudah menusantara. Namun tahukah anda, selain gudeg jogja, provinsi Daerah istimewa yogyakarta juga mempunyai makanan khas yang lain namanya abangan.

Abangan adalah makanan sederhana sesuai dengan namanya yang sederhana, berasal dari pundong sebuah daerah yang berdomisili di kabupaten bantul, Yogyakarta. Kecamatan pundong berjarak sekitar 10 km arah selatan Kabupaten Bantul dan sekitar 18 km dari pusat ibu kota provinsi.

abangan

Abangan terbuat dari produksi sampingan tepung tapioka/kanji yang disebut dengan apungan. Olahan dari apungan ini dinamakan abangan. Bumbu-bumbu olahan makanan abangan adalah bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam, lengkuas, daun salam dan tempe semangit atau tempe bosok.

Selintas abangan terlihat seperti capcay namun memiliki cita rasa sendiri di mana capcay lebih terasa gurih sedangkan abangan lebih terasa asam dan pedas. Rasa asam pedas inilah yang membuat abangan menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik.

Jika anda tengah berkunjung ke kota bantul, lengkapi perjalanan anda dengan mencicipi makanan tradisional khas bantul ini. Abangan hanya dapat dijumpai di daerah pudong saja sehingga merupakan kesempatan yang baik jika anda sedang berada di kota bantul dan ingin mencicipi makanan tradisional ini atau membawanya pulang utuk buah tangan keluarga di rumah.

Itulah salah satu makanan tradisional khas bantul Yogyakarta. Temukan juga makanan tradisional daerah-daerah lainnya di makanajib.com, terasa sedap terasa mantap. Have a nice traveling!

Save

makanan khas bantul,resep abangan,makanan abangan,abangan khas bantul,masak ikan abangan,makanan tradisional kota Bantul DIY,makanan tradisional khas bantul,makanan khas bantu,cara membuat abangan,resep masakan abangan,
Abangan Makanan Tradisional Dari Bantul | Umi Zahra | 4.5