Cara Memulai Investasi Properti dengan Nyaris Tanpa Modal

Tips Beli PropertiSalah satu pertanyaan paling umum yang sering kali dilontarkan oleh investor properti baru adalah bagaimana memulai investasi properti dengan budget minim atau bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali, dan atau dengan hanya sedikit uang tunai saja. Banyak orang berteriak-teriak untuk berinvestasi, tetapi kendala utama yang sering kali dialami adalah tidak bisa berhemat dan mengatur uang padahal memiliki pendapatan besar.

Meskipun sebetulnya penghasilan yang didapat setiap bulan selalu disisihkan untuk tabungan dan memangun usaha lain, sebetulnya dalam bisnis properti sangat mungkin sekali untuk memulai investasi properti tanpa banyak pengeluaran yang harus disiapkan baik dari tabungan atau sumber lainnya.

Cara Memulai Investasi Properti dengan Nyaris Tanpa Modal

credit: nst.com.my

Mengenai bagaimana cara memulai investasi properti dengan budget minim, berikut ini adalah 5 cara terbaik untuk mendanai karir investasi properti anda saat keuangan terbatas.

  1. Beli rumah untuk dihuni

Anda dapat membeli rumah sebagai hunian sementara, tinggal di sana selama minimal satu tahun, dan kemudian pindah dan mengubah rumah menjadi properti sewaan. Ingatlah bahwa membangun ekuitas melalui investasi properti juga mencakup rumah tempat Anda tinggal.

Selain itu, persyaratan uang muka dan skor kredit untuk tempat tinggal utama selalu kurang ketat daripada properti investasi. Jadi tinggal di properti investasi Anda terlebih dahulu adalah cara terbaik untuk menyiasati aturan pemberi pinjaman yang lebih ketat untuk properti investasi.

  1. Beli rumah dupleks

Strategi lain yang bisa anda terapkan dalam investasi properti adalah dengan membeli bangunan rumah dupleks di mana biaya pengeluaran untuk pembelian model rumah seperti ini dapat bersumber dari unit lain dalam dupleks yang Anda sewakan.

  1. Buat Home Equity Line of Credit (HELOC)

Jika Anda memiliki ekuitas dalam jumlah besar di tempat tinggal utama atau di properti sewaan lainnya, banyak bank akan memberi Anda HELOC, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk investasi properti.

HELOC tipikal akan membuat garis uang tunai untuk sekitar 70-80% dari ekuitas saat ini di properti Anda saat ini. Jadi misalnya, jika rumah Anda bernilai hampir 3M dan Anda masih berutang 700an juta pada hipotek, bank akan memberi Anda HELOC untuk 70% -80% dari kisaran 2M ekuitas properti.

Banyak orang menggunakan HELOC untuk membalik jangka pendek rumah, karena ini adalah alternatif yang bagus untuk pinjaman uang besar yang memiliki biaya penutupan, biaya di muka, dan suku bunga dua digit. Tetapi HELOC juga dapat digunakan seperti hipotek nol untuk membiayai properti sewaan.

Suku bunga HELOC biasanya adalah suku bunga utama ditambah 1 atau 2%, yang saat ini menempatkannya di sekitar 5%. Tetapi keuntungan utama dari HELOC adalah biasanya tidak memiliki biaya penutupan dan Anda dapat menutup dengan cepat hanya dengan penilaian Drive-By di properti Anda. Beberapa bank bahkan tidak akan menagih Anda untuk penilaian ini.

Jika Anda memilih membayar dengan uang tunai untuk membeli sewa, maka Anda hanya akan menggunakan uang sewa untuk membayar pokok dan bunga setiap bulan dalam jumlah berapa pun dibandingkan pembayaran bunga yang Anda pilih. Misalnya, jika bunganya di kisaran 4 jutaan, Anda cukup membayar jumlah minimal itu, atau membayar uang tambahan setiap bulan untuk membayar pokok. Ini memungkinkan Anda untuk membuat hipotek sendiri di bawah persyaratan Anda sendiri.

Yang perlu diingat adalah HELOC memiliki tingkat variabel dan secara teknis hipotek kedua di properti Anda. Jadi Anda mungkin ingin membayar sedikit pokok yang baik sementara suku bunga masih rendah. Dengan asumsi suku bunga tetap stabil, jumlah bunga akan turun saat Anda membayar pokoknya setiap bulan.

  1. Minta penjual untuk membayar biaya penutupan Anda

Pada banyak transaksi properti seperti real estate, penjual properti bersedia membayar biaya penutupan pembeli untuk memberi insentif pada penjualan. Namun, trade off-nya adalah Anda mungkin harus menawarikan harga penuh kepada mereka.

Ini masuk akal, selama sewa Anda cukup untuk menutup semua pengeluaran Anda, serta memberi Anda arus kas bulanan yang kecil. Tetapi dengan harga penuh yang diminta jika pemberi pinjaman mengutip Anda pembayaran hipotek total (termasuk pajak dan asuransi) yang sama dengan atau lebih besar dari sewa yang dapat Anda bebankan secara wajar, cari kesepakatan lain.

Properti sewa harus selalu memiliki arus kas positif untuk menutupi celah dan perbaikan.

  1. Gunakan pemberi pinjaman yang membayar biaya penutupan atau menawarkan potongan harga pada uang muka

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa investasi properti pada real estat adalah cara yang bagus untuk membangun kekayaan, dan merupakan salah satu dari sedikit metode investasi di mana Anda dapat mulai tanpa uang tunai dalam jumlah besar. Orang tidak pernah tahu kapan program real estat tertentu akan datang dan pergi, jadi pastikan untuk mengambil keuntungan dari ide-ide ini.

Tips Membeli Properti yang Aman dan Menguntungkan

Seperti melakukan pembelian barang pada umumnya, dalam hal membeli properti juga terdapat tips beli properti yang tidak bisa dianggap sepele karena hal ini bisa menentukan berhasil atau tidaknya properti tersebut didapat dengan value dan benefit yang menguntungkan tentunya. Ketika anda memutuskan akan membeli sebuah properti sebagai bagian dari investasi anad, beberpa poin di bawah ini mungkin saja bisa menjadi pegangan bagi anda dalam urusan pembelian properti.

  • Rencanakan deposit, meskipun anda tidak benar-benar membutuhkannya
  • Jangan lupakan prakualifikasi
  • Kenali agen properti lokal Anda, dan
  • Jelajahi pasar dan nikmati prosesnya

Demikian ulasan mengenai investasi properti dan tips beli praperti yang bisa di share di artikel ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa!

loading...
Cara Memulai Investasi Properti dengan Nyaris Tanpa Modal | Umi Zahra | 4.5