Cara Menghilangkan Kutu Beras 100% Ampuh dan Aman

Cara Menghilangkan Kutu Beras Dalam Karung/Rice Box – Di Indonesia beras menjadi salah satu kebutuhan primer di mana setiap keluarga harus memiliki stok beras untuk dimasak menjadi nasi sebagai penunjang kebutuhan konsumsi utama setiap anggotanya. Beras dari hasil proses pengupasan kulit padi ini merupakan bahan makanan kering yang umumnya disetok sebagai persediaan untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga akan sangat mungkin bila suatu saat beras yang disimpan dihinggapi kutu beras dan menyebabkan kualitas beras menjadi kurang baik.

Munculnya kutu pada beras yang disimpan baik dalam wadah karung atau rice box biasanya terjadi akibat penyimpanan beras yang tidak apik dan sembarangan. Kualitas beras yang telah bercampur dengan kutu ini akan menimbulkan masalah seperti perubahan warna yang cenderung lebih cepat berubah dan tercium aroma bau pada beras sehingga saat dimasak menjadi nasi rasanya tidak akan terasa enak lagi.

Cara Menghilangkan Kutu Beras 100% Ampun dan Aman

Oleh karenanya, beras yang disimpan sebagai setok kebutuhan primer untuk jangka waktu yang cukup lama sebaiknya disimpan pada tempat yang tidak lembab agar terhindar dari datangnya kutu pada beras sebab area lembab akan menjadi tempat favorit bagi para kutu beras.

Terus bagaimana jika beras yang sudah disimpan dengan baik tetap saja dihinggapi kutu? Nah, untuk mengatasi kutu yang ada pada beras, anda bisa menyimak tips mengenai cara menghilangkan kutu beras seperti berikut ini.

Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Mudah

Upaya menghilangkan kutu beras yang sudah terlanjur bersarang di setok beras yang di milik bisa dicoba dengan cara menjemur beras langsung di terik matahari. Anda bisa menuangkan beras pada alas seperti karung lalu meratakannya dan membiarkannya terkena sinar matahari sampai kutu beras kepanasan dan kabur dari gundukan beras.

Memindahkan beras ke dalam wadah terbuka dengan dinding pendek di bagian pinggirannya kemudian menutupnya dengan lap basah juga bisa menjadi trik jitu dalam mengusir kutu beras. Suhu yang terlalu lembap adalah kondisi di mana kutu beras biasanya tidak sukai. Dengan cara seperti ini kutu beras akan berpindah dari tumpukan beras ke lap basah yang dijadikan penutup wadah tersebut. Cara ini bisa anda coba lakukan dengan durasi kurang lebih 30 menit sampai kutu beras menempel di kain lap basah.

Masih menuangkan beras ke dalam wadah namun kali ini bukan dijemur atau ditutup kain basah, melainkan menyimapnnya dalam freezer. Dengan cara membekukan beras selama kurang lebih 7 hari dalam freezer, kutu beras yang terlanjur bersarang dalam gundukan beras akan hilang dengan sendirinya berikut telur-telur yang bersarang pada beras sebab kutu tidak akan bertahan lama dalam suhu yang terlampau dingin.

Jika tidak sempat menjemur beras yang terkena kutu, mendinginkan atau membungkusnya dengan kain atau lap basah, ada opsi lain yang lebih praktis yaitu dengan menaruh rempah berupa kayu manis pada wadah penyimpanan beras. Kayu manis memang tidak disukai oleh serangga karena aroma khasnya. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan rempah yang satu ini untuk urusan mengusir kutu pada beras.

Selain kayu manis, bagian dari tumbuhan yang menjadi bumbu masak di dapur seperti daun jeruk nipis, daun salam, dan cabai kering juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kutu pada beras.

Khasiat daun jeruk nipis sebagai pengusir kutu beras bida dicoba dengan meletakkan daun jeruk nipis pada bagian atas, tengah dan bawah gundukan beras. Aroma wangi yang khas pada daun jeruk nipis ini ternyata tidak disukai oleh kutu beras dan akan segera minggat bila mencium aromanya.

Sementara anda yang ingin mencoba mengusir kutu beras menggunakan daun salam kering bisa melakukannya dengan cara menaruhnya pada gundukan beras seperti halnya daun jeruk nipis tadi. Aroma kuat dari daun salam kering ini juga akan membuat kutu beras tidak betah dan akan segera menghilang dari gundukan beras.

Adapun penggunaan cabai kering sebagai pengusir kutu beras dilakukan dengan cara menyimpannya dalam karung atau rice box di mana beras disimpan. Setelah satu malam lamanya kutu beras yang tadinya banyak bertebaran pada gundukan beras akan seketika menghilang. Jadi, sebaiknya anda jangan terburu-buru membuang cabai yang sudah terlanjur mengering karena masih bisa dimanfaatkan sebagai pengusir kutu beras.

Nah, itu dia beberapa tips cara menghilangkan kutu beras yang dapat anda coba. Semoga sharing tips yang diulas pada artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

loading...
Cara Menghilangkan Kutu Beras 100% Ampuh dan Aman | Umi Zahra | 4.5