Jenis Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Kelas dan Kapasitasnya

Kapasitas Menginap Pada Tiap Jenis Kamar Hotel –  Di setiap hotel kamar dikategorikan dengan harga berdasarkan jenis jenis kamar hotel atau tempat tidur, kapasitas yang bisa dihuni per kamar, kuantitas tempat tidur yang tersedia per kamar, dekorasi yang terpampang, perabotan atau fitur tertentu yang secara khusus terinstalasi dengan tema khusus yang tersedia di kamar.

Kemudian ketika menugaskan kamar tamu sebelum kedatangan tamu, agen resepsionis harus mengetahui karakteristik kamar untuk setiap tipe kamar yang tersedia di hotel.

Jenis Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Kelas dan Kapasitasnya

Juga tidak melupakan permintaan khusus tamu atau permintaan khusus kamar yang diminta oleh tamu misalnya kamar jauh dari lift, kamar King, kamar twin, kamar bebas rokok, dan lain-lain.

Berbagai Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Kapasitasnya

  1. Single Room

Kamar jenis ini adalah tempat berisitirahat yang hanya diperuntukan satu orang atau satu pengunjung saja. Meskipun tempat tidur di dalamnya tersedia lebih dari sat tempat tidur atau hanya satu saja. Ukuran kamar atau area Kamar Single room umumnya antara 37 m² hingga 45 m².

  1. Double Room

Kamar jenis ini diperuntukan bagi dua orang pengunjung. Mungkin memiliki satu tempat tidur atau lebih. Ukuran kamar atau area Kamar Double umumnya antara 40 m² hingga 45 m².

  1. Triple Room

Kamar yang dapat menampung tiga orang dan telah dilengkapi dengan tiga tempat tidur kembar, satu tempat tidur ganda dan satu tempat tidur kembar atau dua tempat tidur ganda. Ukuran kamar atau area Kamar Triple umumnya antara 45 m² hingga 65 m².

  1. Quad Room

Kamar yang ditugaskan untuk empat orang. Mungkin memiliki dua tempat tidur atau lebih. Ukuran kamar atau luas Kamar Quad umumnya antara 70 m² hingga 85 m².

  1. Queen Room

Kamar dengan tempat tidur queen. Dapat ditempati oleh satu atau lebih orang. Ukuran kamar atau area Kamar Queen umumnya antara 32 m² hingga 50 m².

  1. King Room

Kamar dengan tempat tidur king. Dapat ditempati oleh satu atau lebih orang. Ukuran kamar atau luas Kamar Raja umumnya antara 32 m² hingga 50 m².

  1. Twin Room

Kamar dengan dua tempat tidur twin. Dapat ditempati oleh satu atau lebih orang. Ukuran kamar atau area Kamar Twin umumnya antara 32 m² hingga 40 m².

  1. Hollywood Twin Room

Kamar yang dapat menampung dua orang dengan dua tempat tidur twin yang digabung bersama oleh headboard bersama. Sebagian besar hotel beranggaran cenderung menyediakan banyak pengaturan kamar yang melayani pasangan dan dua pihak. Ukuran kamar atau area Kamar Twin Hollywood umumnya antara 32 m² hingga 40 m².

  1. Double-double

Kamar dengan dua tempat tidur double (atau mungkin queen). Dan dapat menampung dua hingga empat orang dengan dua tempat tidur twin, double atau queen. Ukuran kamar atau luas kamar Double-double / Double Twin umumnya antara 50 m² hingga 70 m².

  1. Studio

Kamar dengan tempat tidur studio – sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur. Mungkin juga memiliki tempat tidur tambahan. Ukuran kamar atau area tipe kamar Studio umumnya antara 25 m² hingga 40 m².

  1. Suite Eksekutif

Ruang tamu atau ruang tamu yang terhubung dengan satu atau lebih kamar tidur. (Kamar dengan satu atau lebih kamar tidur dan ruang tamu yang terpisah. Ukuran kamar atau luas kamar Suite umumnya antara 70 m² hingga 100 m².

  1. Mini Suite atau Junior Suite

Satu kamar dengan tempat tidur dan area duduk. Kadang-kadang area tidur berada di kamar tidur yang terpisah dari ruang tamu atau ruang tamu. Ukuran kamar atau area Junior Suites umumnya antara 60 m² hingga 80 m².

  1. Presidential Suite

Kamar termahal yang disediakan oleh hotel. Biasanya, hanya satu suite presiden tersedia di satu properti hotel. Mirip dengan suite normal, president suite selalu memiliki satu atau lebih kamar tidur dan ruang tamu dengan penekanan kuat pada dekorasi besar di dalam kamar, fasilitas dan pasokan berkualitas tinggi, dan layanan yang dibuat khusus seperti adanya pelayan pribadi selama menginap . Ukuran kamar atau area Presidential Suites umumnya antara 80 m² hingga 350 m².

  1. Apartemen

Jenis kamar ini dapat ditemukan di apartemen layanan dan hotel yang menjadi sasaran tamu yang menginap lama. Dapur terbuka, peralatan memasak, pengering, mesin cuci, dll. Biasanya tersedia di kamar. Layanan tata graha hanya disediakan seminggu sekali atau dua kali seminggu. Ukuran kamar atau area Serviced Apartments umumnya antara 96 ​​m² hingga 250 m².

  1. Kamar-kamar penghubung

Kamar-kamar dengan pintu masuk individu dari luar dan pintu penghubung di antaranya. Para tamu dapat berpindah antar kamar tanpa melalui lorong. Ukuran kamar atau area kamar yang terhubung umumnya antara 30 m² hingga 50 m².

  1. Murphy Room

Kamar yang dilengkapi dengan tempat tidur sofa atau tempat tidur Murphy (yaitu tempat tidur yang terlipat dari dinding atau lemari) yang dapat diubah dari kamar tidur di malam hari ke ruang tamu di siang hari. Ukuran kamar atau area Jenis Kamar Murphy umumnya antara 20 m² hingga 40 m².

  1. Kamar Penyandang Cacat

Jenis kamar ini terutama dirancang untuk tamu penyandang cacat dan diharuskan oleh hukum bahwa hotel harus menyediakan sejumlah kamar yang dapat diakses untuk menghindari diskriminasi. Ukuran atau area kamar dari Tipe Kamar yang Dapat Diakses umumnya antara 30 m² hingga 42 m².

  1. Cabana

Jenis kamar ini selalu bersebelahan dengan kolam renang atau memiliki kolam renang pribadi di kamar. Ukuran kamar atau area Jenis Kamar Cabana umumnya antara 30 m² hingga 45 m².

  1. Kamar-kamar yang berdampingan

Kamar-kamar dengan dinding bersama tetapi tidak ada pintu penghubung. Ukuran atau area kamar dari Tipe Kamar Berdampingan umumnya antara 30 m² hingga 45 m².

  1. Kamar-kamar yang berdekatan

Kamar-kamar dekat satu sama lain, mungkin di seberang lorong. Ukuran atau area kamar dari Tipe Kamar yang Berdekatan biasanya antara 30 m² hingga 45 m².

  1. Villa

Suatu bentuk akomodasi khusus yang dapat ditemukan di beberapa hotel resor. Ini adalah jenis rumah yang berdiri sendiri yang memberikan privasi dan ruang ekstra untuk tamu hotel. Vila yang lengkap tidak hanya berisi kamar tidur dan ruang tamu tetapi kolam renang pribadi, jacuzzi, dan balkon. Sangat cocok untuk pasangan, keluarga dan kelompok besar. Ukuran atau area kamar Villa umumnya antara 100 m² hingga 150 m².

  1. Kamar Eksekutif Lantai

Kamar yang terletak di ‘lantai eksekutif’ yang memungkinkan akses mudah ke lounge eksekutif. Selain itu, beberapa hotel juga menyediakan floors lantai eksekutif wanita ’dengan kamar mereka yang ditugaskan untuk tamu wanita hanya karena alasan keselamatan dan keamanan. Ukuran kamar atau area Lantai Eksekutif umumnya antara 32 m² hingga 50 m².

  1. Kamar Bebas Rokok

Banyak hotel menyediakan kamar bebas rokok dan bebas rokok untuk tamu mereka. Untuk meminimalkan efek paparan asap rokok pada tamu yang tidak merokok. Ukuran kamar atau area Kamar bebas merokok umumnya antara 30 m² hingga 250 m².

loading...
Jenis Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Kelas dan Kapasitasnya | Umi Zahra | 4.5