Kuliah Agribisnis dan Teknologi Pangan di Masoem University

Kuliah Agribisnis dan Teknologi Pangan di Masoem University – Berbicara mengenai perguruan tinggi di Bandung, terdapat banyak kampus negeri dan swasta yang membuka perkuliahan dari banyak pilihan jurusan seperti pertanian, IPA dan matematika, sastra Inggris, ilmu komputer, teknik arsitektur, kedokteran, hukum, ekonomi, teknik mesin, psikologi, teknik elektro, fisika, geografi, ilmu komunikasi, teknik perminyakan dan pertambangan, kimia, ilmu pendidikan dan pelatihan, arsitektur dan pengembangan, teknik lingkungan, astronomi dan lainnya.

Banyaknya pilihan jurusan kuliah tentu akan memberikan banyak opsi bagi calon mahasiswa dalam menentukan fokus studi yang ingin ditempuh akan tetapi terkadang banyak pilihan jurusan kuliah juga bisa membuat bimbang karena dihadapkan pada banyak pilihan prodi.

Kuliah Agribisnis dan Teknologi Pangan di Masoem University

Namun secara umum anak yang baru lulus SMA atau sederajat biasanya lebih cenderung melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi dengan memilih jurusan yang sekiranya setelah lulus bisa melamar kerja di perkantoran. Oleh karenanya jurusan yang sekiranya dapat menunjang orientasinya dalam dunia kerja nanti pasti akan menjadi prioritas jurusan kuliah yang dipilih. Padahal sebetulnya setiap jurusan kuliah memiliki potensi tersendiri untuk urusan jenjang karir di dunia pekerjaan.

Apabila anda hendak masuk kuliah di perguruan tinggi di Bandung di tahun akademik sekarang ini dan belum menentukan pilihan jurusan yang akan ditempuh serta kampus mana yang akan dipilih, maka mengabil jurusan agribisnis di Bandung atau jurusan teknologi pangan di Bandung melalui kampus Ma’soem University bisa menjadi pilihan tepat bagi anda dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Kenapa Mengambil Jurusan Agribisnis?

Dalam pandangan sebagian orang Agribisnis erat sekali kaitannya dengan bekerja di sawah sehingga membuat jurusan ini tidak begitu dilirik. Padahal prospek karir lulusan agribisnis sebetulnya memiliki masa depan yang cukup cerah. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kuliah jurusan agribisnis begitu menjanjikan.

  1. Indonesia Sebagai Penghasil Komoditi Pangan Besar

Orang yang memiliki kompetensi baik di bidang agribisnis akan memiliki peluang yang besar untuk ikut andil sebagai pendukung utama dalam mengolah kekayaan Indonesia yang menghasilkan komoditi pangan besar di dunia.

  1. Indonesia Sebagai Penghasil Komoditi yang Dibutuhkan

Anda berpeluang menjadi seorang pelopor pangan di Indonesia dalam berbagai sektor seperti peternakan, perkebunan, pertanian dan lain sebagainnya manakala anda menjadi lulusan agribisnis.

  1. Pilihan Tepat untuk Anak IPA

Anda yang memiliki potensi baik dalam pendidikan ilmu pengetahuan alam (biologi khususnya) dapat mempertajam minat dan bakatnya melalui studi di juruan agribisnis.

  1. Lebih Mudah Lolos Seleksi

Jurusan agribisnis memungkinkan anda memiliki peluang besar untuk bisa lolos seleksi masuk perguruan tinggi sebab anda tidak akan bersaing secara ketat dengan calon mahasiswa lain seperti seleksi pada prodi lain.

  1. Peluang Terbuka Sebagai Wirausahawan

Konsentrasi yang akan terfokus pada studi di jurusan agribisnis adalah bukan tentang bagaimana bergelut dengan lumpur di sawah, akan tetapi memperdalam ilmu sosial ekonomi pertanian yang nantinya bisa menjadi bekal bagi anda ketika memulai membuka usaha di bidang agribisnis sehingga kedepannya mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Selain itu skill agribisnis yang anda miliki nantinya juga akan membawa anda pada prospek kerja yang cerah, nominal gaji yang cukup besar (jabatan menjanjikan di pemerintahan) , pengembangan usaha secara maksimal, dapat mempelajari banyak hal sekaligus, serta dapat menjadi pribadi yang selalu produktif dan berkarya.

Kenapa Mengambil Jurusan Teknologi Pangan?

Bicara soal teknologi pangan berarti erat sekali kaitannya dengan makanan tapi tentunya setiap hal yang dipelajari pada jurusan ini tidak hanya melulu tentang varian makanan ya. Sebab anda juga akan mempelajari semua aspke ilmu pangan (fisik, biologis, dan kimiawi) termasuk hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahan pangan yang baik dan aman dikonsumsi, sortasi, distribusi, pemrosesan, hingga pengawetan.

Tidak hanya itu saja, pada jurusan teknologi pangan anda juga akan mempelajari bagain ilmu lain seperti ilmu fisika, enzim, fermentasi, mikrobiologi, kimia, hingga rekayasa pangan dan beragam teknologi yang berhubungan dengan pangan.

Kedepan, anda sebagai mahasiswa jurusan teknologi pangan dapat bekerja sama dengan ilmuan makanan atau ahli gizi dalam upaya peningkatan nilai nutrisi makanan untuk memastikan apakah makanan tersebut memiliki kualitas gizi yang baik dan aman dikonumsi publik atau sebaliknya.

Mahasiswa lulusan teknologi pangan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan sebab banyak lapangan pekerjaan yang tersedia seperti administrator lembaga pengawasan makanan nasional, juru teknik makanan, dan manajer pengendalian mutu dan berbagai posisi lain dalam konteks industri. Ranah pekerjaan seorang ahli teknologi pangan ini masuk pada kategeori pengendalian mutu (quality assurance).

Lapangan kerja lain yang juga dapat anda jumpai adalah reseach and development di mana anda akan bertugas dalam melakukan riset, tes pasar, serta mengecek kandungan bahan dalam suatu produk dan melakukan pengembangan pada produk yang berhubungan dengan rasa, warna atau varian baru produk sehingga cocok dan dapat diterima pasar. Ranah pekerjaan ini termasuk ke dalam kategori pengembang produk (product development).

Kenapa Memilih Kuliah di Masoem University?

Masoem University (M.U) atau Universitas Al Masoem adalah kampus yang awalnya diberi nama AMIK Al Masoem di mana kampus tersebut berdiri di bawah naungan Yayasan Al Masoem Bandung yang telah mengembangkan beberapa unit usaha melalui Masoem Group seperti:

  • Air Minum Al Masoem
  • BPRS Al Masoem
  • Apotek Al Masoem
  • Bengkel Kios Mesran Al Masoem
  • SPPBE / Elpiji
  • Migas/SPBU Pertamina

Mahasiswa lulusan kampus M.U ini memiliki prospek dunia kerja yang begitu jelas sebab alumninya akan disalrukan pada unit usaha yang digeluti Al Masoem sebagai upaya pengembangan usaha yang Masoem Group miliki.

Tidak hanya pada lingkup unit usaha intern saja, kampus yang telah membuka banyak pilihan program studi ini semakin berkembang dan telah diminati banyak kalangan masyarakat sehingga mahasiswa lulusan M.U tidak hanya disalurkan pada unit usaha milik Masoem Group saja, tetapi juga perusahaan lain yang ada di wilayah Jawa Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Berikut ini adalah daftar program studi yang telah dibuka oleh kampus Masoem University:

  1. (S1) Sistem Informasi
  2. (S1) Perbankan Syariah
  3. (S1) Agribisnis
  4. (S1) Teknologi Pangan
  5. (S1) Bimbingan Konseling
  6. (S1) Pendidikan Bahasa Inggris
  7. (D3) Manajemen Informatika
  8. (D3) Komputerisasi Akuntansi

Saat ini kampus Masoem University sedang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru (reguler / karyawan) dengan rincian biaya kuliah tertentu yang bisa dilakukan melalui cara daftar mode offline, online dan atau jalur beasiswa pendidikan di mana informasi selengkapnya bisa anda dapatkan melalui :

  • Situs Web : https://masoemuniversity.ac.id/
  • Email : info@stkom.ac.id
  • Telp : 022 7798340
  • Whatsapp : 0815-6033-022
  • Alamat : Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor Jawa Barat
loading...
Kuliah Agribisnis dan Teknologi Pangan di Masoem University | Umi Zahra | 4.5