Resep Cara Membuat Cemilan Dorayaki Jepang

Resep Cara Membuat Cemilan Dorayaki Jepang – Dorayaki adalah nama kue yang berasal dari Jepang. Kue panggang berbentuk bulat dan mirip dengan kue serabi ini dibuat dari campuran tepung terigu dengan baking soda, telur ayam, madu dan pemanis. Jika pada serabi penyajiannya dapat ditambahkan dengan aneka topping maka pada dorayaki penyajiannya adalah dengan menumpukkan dua kue dorayaki di mana pada bagian tengahnya disisipi terlebih dahulu bahan isi berupa selai, pasta kacang serta meises. Dorayaki sendiri dikenal dan menyebar lewat tontonan film animasi doraemon di mana doraemon yang juga sekaligus tokoh utama pada film kartun tersebut sangat menyukai kue dorayaki. Dalam setiap episodenya kue dorayaki ini kerap kali muncul dalam beberapa alur cerita sehingga menjadikannya teringat oleh siapa saja yang menonton. Dan bohong sekali jika anda penggemar film animasi doraemon tetapi tidak tahu kue dorayaki ini. Kue yang biasa dihadirkan sebagai cemilan ini dapat coba anda kreasikan di rumah dengan mengikuti beberapa tahap pembuatannya seperti pada resep cara membuat cemilan dorayaki jepang berikut ini.

Resep Cara Membuat Cemilan Dorayaki Jepang

Dorayaki

Komposisi 1

  • Tepung terigu 130 gram, ayak halus
  • Baking soda ½ sendok teh

Komposisi 2

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 80 gram
  • Madu 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Air 50 cc

Untuk Isi Dorayaki

  • Meises coklat secukupnya
  • Selai secukupnya
  • Pasta kacang merah secukupnya

Cara Membuat Cemilan Dorayaki Jepang

  1. Campurkan 130 gr tepung terigu dengan ½ sdt baking soda. Aduk merata dan sisihkam.
  2. Campurkan 2 butir telur ayam dengan 80 gr gula pasir, 1 sdm madu, 50 cc air dan secukupnya garam. Aduk merata lalu campurkan dengan campuran bahan di atas dan tambahkan secukupnya air dambil tetap diaduk rata hingga menjadi adonan dorayaki. Gunakan whisk untuk memudahkan pengadukan.
  3. Biarkan adonan dalam wadahnya hingga timbul butiran gelembung pada bagian permukaan adonan lalu aduk sejenak.
  4. Siapkan teflon lalu panaskan dan beri olesan minyak secukupnya.
  5. Isi teflon yang sudah dipanaskan dengan adonan dorayaki hingga melebar menutupi permukaan teflon kemudian tutup teflonnya dan biarkan hingga kurang lebih 2 menit lamanya sampai keluar butiran gelembung pada bagian permukaan dorayaki serta bagian pinggirnya mengering lalu balikkan posisinya. Langkah ini persis seperti pembuatan kue serabi hanya saja pada kue serabi posisinya tidak dibalik setelah bagian bawahnya mengering.
  6. Jika bagian atas dan bagian bawah dorayaki sudah matang dan berubah gelap, angkat. Ulangi tahap ini sampai adonan dorayakinya tidak tersisa.
  7. Berikutnya letakan satu dorayaki di piring, olesi atasnya dengan selai, pasta kacang merah dan taburan meises coklat lalu tutup dengan dorayaki lain. Begitu seterusnya.
  8. Kue dorayaki siap suguhkan.

Menikmati kue dorayaki sekali masih hangat akan terasa lebih mantap.

dorayaki,membuat cemilan,foto foto Dorayaki,
Resep Cara Membuat Cemilan Dorayaki Jepang | Umi Zahra | 4.5