Resep Cara Membuat Kue Bulan Tradisional Enak

Resep Cara Membuat Kue Bulan Tradisional Enak – Tiongkok memiliki tradisi budaya bernama Festival Pertengahan Musim Gugur yang juga diperingati oleh Vietnam dan beberapa negara lain di kawasan Asia. Pada perayaan festival ini kue bulan menjadi salah satu makanan khas yang wajib ada. Kue bulan sendiri adalah cemilan yang terbuat dari adonan tepung di mana terdapat sisipan isi di dalamnya seperti pata kacang merah atau biji teratai dan kuning telur. Bentuk umumnya adalah bulat dengan karakter tertentu di bagian luarknya dari hasil cetakan khusus kue bulan. Bagi anda yang mau mencoba membuatnya, resep kue bulan dari makanajib.com berikut ini bisa menjadi pemandu anda dalam mengkrasikannya di dapur rumah.

Resep Cara Membuat Kue Bulan Tradisional Enak

Lihat JugaResep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis

Resep Kue Bulan Tradisional (12 porsi)

Bahan-bahan (adonan kulit)

  • 100 gram tepung, ayak halus
  • ½ sdt air abu atau air kie
  • 60 gram sirup golden
  • 28 gram minyak sayur

Bahan-bahan (isi kue)

  • 420 gram pasta kacang merah/pasta biji teratai
  • 1 sdt cooking wine (anggur masak) beraroma mawar
  • 6 butir Kuning telur

Bahan-bahan (olesan kue)

  • 1 butir kuning telur
  • 2 sdm putih telur

Cara Membuat Kue Bulan Tradisional

  1. Tuangkan air abu ke dalam wadah adonan lalu tambahkan dengan minyak sayur dan sirup golden. Setelah itu, tambahkan kembali campuran bahan tadi dengan tepun yang sudah diayak halus. Aduk-aduk sampai tercampur merata. Ambil plastik dan letakkan di atas wadah adonan sebagai penutup lalu biarkan adonan sekitar 3 jam lamanya.
  2. Pecahkan telur dan pisahkan bagian putih dan kuningnya. Letakan bagian kuning telur pada dandang lalu kukus (dengan suhu panas sedang) sekitar 10 menit lamanya. Setelah itu bubuhi garam dan sisihkan supaya dingin lalu bagi masing-masing kuning telur menjadi dua.
  3. Belahan kuning telur kukus yang sudah dingin dan kering selanjutnya diletakkan pada mangkuk dan diberi siraman anggur masak. Setelah beberapa saat, angkat dan biarkan kering.
  4. Bentuk adonan tepung yang dibuat tadi menjadi 12 bulatan kecil sedang dengan ukuran sama kemudian tekan-tekan sampai pipih.
  5. Sisipkan secukupnya pasta kacang merah/biji teratai dan setengah kuning telur kering pada adonan yang dipipihkan tadi lalu bungkus kuning telurnya dengan pasta kacang/biji teratai lalu bungkus lagi dengan adonan tepungnya. Begitu seterusnya sampai selesai.
  6. Siapkan cetakan kue bulan lalu semprot dengan anti lengket. Letakan setiap kue bulan pada cetakan lalu tekan-tekan dan keluarkan. Hasilnya akan menjadi kue bulan yang berkarakter.
  7. Letakkna kue bulan yang sidah dicetak di atas loyang datar dan panggang dalam oven sekitar 12 menit lamanya.
  8. Sambil menunggu pemanggangan selesai, siapkan olesan kue dengan mencampurkan bagian putih dengan kening telur lalu mengocoknya sampai rata dan saring.
  9. Keluarkan kue bulan yang sudah dipanggang matang kemudian beri olesan telurnya sampai merata.
  10. Masukkan kembali kue bulan ke dalam oven dan panggang hingga terlihat coklat keemasan.

Lihat JugaCara Membuat Kue Cemilan Apang Paranggi Khas Sulawesi Selatan

Kue Bulan Tradisional sudah jadi dan dapat anda sajikan sebagai suguhan spesial di meja tamu keluarga. Tengok juga tips cara membuat kue tradisional enak lainnya hanya di makanajib.com, terasa sedap terasa mantap. Selamat berkreasi!

kue bulan tradisional,resep kue bulan sajian sedap,cara buat kue bulan,terbuat dari tepung apa kue bulan,
Resep Cara Membuat Kue Bulan Tradisional Enak | Umi Zahra | 4.5