Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis

Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis – Kue Sengkulun adalah kue manis yang terbuat dari campuran tepung beras dengan bahan pendukung lainnya. Kue yang masih termasuk ke dalam kategori kue basah dan kue tradisional ini masih menjadi suguhan nikmat diberbagai acara seperti hajatan dan syukuran.

Proses pembuatan kue sengkulun ialah dengan melewati dua kali tahap pengukusan di mana tahap pertama adalah pengukusan adonan original dan tahap kedua adalah pengukusan akhir dari adonan original yang telah diberi tambahan adonan yang sudah bercampur dengan pewarna makanan.

Apabila anda ingin merasakan kembali nostalgia tempo dulu sambil menghayati era di mana kemerdekaan Indonesia masih berumur muda, menikmati sajian kue sengkulun ini bisa menjadi obat penawar rindu akan kenangan di masa lalu.

Untuk bisa menghadirkan kue sengkulun sebagai suguhan kue tradisional khas zaman dulu, anda perlu menyiapkan alat pencetak kue ini berupa loyang datar berbentuk bulat. Sedangkan bahan dan cara penyajiannya dapat selengkapnya anda lihat dalam ulasan resep kue sengkulun di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis1

Lihat Juga :

Resep Kue Tradisional Sengkulun

Bahan-bahan

  • ¼ kg Tepung beras ketan
  • 150 gr Kelapa parut
  • Secukupnya pewarna makanan (warna merah atau disesuaikan dengan selera)
  • ¼ sendok teh vanili bubuk
  • 100 gr gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 100 ml air putih bersih
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Secukupnya daun pisang, sebagai alas

Cara Membuat Kue Basah Tradisional Sengkulun Ketan Manis Enak

  1. Tuang tepung beras ketan ke dalam wadah adonan, kemudian tambahkan dengan vanili bubuk, kelapa parut, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  2. Siram campuran tepung dalam wadah adonan dengan air secara perlahan sambil diaduk dan diuleni hingga menjadi adonan kalis.
  3. Pindahkan setengah bagian adonan ke dalam wadah lain dan campurkan salah satunya dengan pewarna makanan merah atau sesuai selera anda. Sementara adonan yang satunya lagi dibiarkan original.
  4. Tuang adonan original ke dalam loyang berbentuk bulat yang sebelumnya sudah diberi alas daun pisang beroleskan minyak lalu ratakan.
  5. Masukkan loyang berisi adonan original ke dalam pengukusan dan kukus ±20 menit lamanya.
  6. Setelah itu, angkat loyang dari pengukusan dan tambahkan kembali adonan didalamnya dengan adonan yang sudah diberi campuran pewarna makanan. Ratakan dan kukus kembali ±25 menit lamanya sampai menjadi kue matang.
  7. Angkat dan biarkan beberapa saat sampai loyangnya tidak terasa panas lalu keluarkan kuenya.
  8. Kue basah tradisional sengkulun siap dinikmati.

Supaya lebih mudah dan praktis saat dimakan, sebaiknya kue sengkulun ini dipotong-potong terlebih dahulu dengan ukuran kecil sedang. Menyantapnya bersama segelas teh manis hangat atau kopi favorit anda juga akan menambah sensai kenikmatannya. Selamat mencoba!

resep kue sengkulun,resep sengkulun,cara membuat kue sengkulun,cara membuat sengkulun,kue sengkulun,resep kue sengkulun purworejo,cara buat kue sengkulun,sengkulun,cara buat sengkulun,cara bikin kue sengkulun,
Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis | Umi Zahra | 4.5