Resep Cara Membuat Martabak Mini Praktis

Resep Cara Membuat Martabak Mini Praktis – Jajanan enak dengan rasa manis legit adalah martabak. Martabak merupakan suguhan makanan ala India yang di Indonesia sendiri sudah banyak sekali dijajakan baik itu oleh para pedagang kaki lima atau juga kedai-kedai yang menghadirkan menu sajian martabak. Martabak yang dijajakan terdiri dari martabak asin dan martabak manis. Martabak asin adalah martabak yang terbuat dari bahan dasar lumpia dan telur atau juga lebih dikenal dengan martabak telor. Sedangkan martabak manis adalah olahan tepung terigu yang dipanggang dan diberi taburan gula pasir sehingga menghasilkan rasa manis. Selain itu pada martabak manis ini juga disajikan dengan tambahan topping manis dari siraman susu putih kental manis dan aneka topping yang juga berasa manis. Dan untuk jenis martabak yang akan kita coba buat kali ini adalah martabak manis tetapi dengan sajian versi lain yaitu versi mini alias bukan standard. Karena dinamakan mini makan bentuknya pun tentu akan terlihat lebih kecil dari yang standard. Konsepnya tetap sama dan yang membedakan hanya soal ukuran saja. Bagi yang ingin mencoba membuatnya bisa menyimak resep cara membuat martabak mini praktis berikut ini.

Resep Cara Membuat Martabak Mini Praktis

Martabak Mini

Bahan-bahan

  • Tepung terigu 250 gram
  • Garam ½ sdt
  • Baking powder ½ sdt
  • Ragi instant 1 sdm
  • Susu bubuk 200 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 100 gram
  • Air 500 cc
  • Mentega dan coklat meses secukupnya
  • Keju cheddar perut dan susu kental manis secukupnya

Langkah Membuat Martabak Mini Praktis

  1. Buat terlebih dahulu adonan martabak dengan cara mencampurkan bahan-bahan seperti susu bubuk, ragi instan, garam, gula pasir, dan tepung terigu ke dalam wadah adonan lau diaduk hingga merata.
  2. Tambahkan campuran bahan dalam wadah adonan dengan telur ayam sebanyak 2 butir. Aduk merata dengan menggunakan mixer supaya lebih praktis dan cepat.
  3. Kemudian tambahkan adonan dengan air secara perlahan sambil tetap diaduk dengan mixer.
  4. Berikutnya siapkan loyang pencetak martabak, panaskan dengan sedikit olesan margarine lalu tuangkan adonan martabak yang sudah dbuat ke dalam loyang cetakan martabak tersebut.
  5. Gerakan adonan dalam loyang cetakan martabak dengan arah jarum jam hingga adonan martabak melebar lalu tutup loyang. Tunggu sampai matang dan bagian bawah martabak mengering.
  6. Supaya terasa manis, taburi bagian atas martabak dengan gula pasir selagi masih basah agar gula terserap martabak.
  7. Setelah matang, angkat martabak dari loyang cetakannya lalu siram dengan susu kental serta taburi dengan meses coklat dan parutan keju. Tutup hingga menjadi setengah lingkaran (tidak juga tidak apa-apa) dan olesi bagian luarnya dengan margarine atau mentega.
  8. Suguhkan martabak mini selagi hangat.

Langkah pembuatan martabak mini ini sebetulnya sama saja seperti pembuatan martabak ukuran biasa baik dari campuran bahan adonan atau juga topping yang digunakan. Dan untuk toppingnya tidak harus selalu coklat dan keju tetapi juga dapat menggunakan bahan lain seperti kacang tanah, ketan hitam, kelapa, selai dan lain sebagainnya.

resep martabak mini,martabak,cara membuat martabak mini,martabak mini,resep martabak manis mini praktis,resep kue martabak mini,
Resep Cara Membuat Martabak Mini Praktis | Umi Zahra | 4.5