Resep Cara Membuat Racikan Telur Asin Gurih

Resep Cara Membuat Racikan Telur Asin Gurih – Telur asin adalah makanan yang berasal dari telur bebek atau juga telur ayam yang diasinkan dengan beberapa tahan dan proses. Di kota Brebes, Jawa Tengah telur asin ini akan mudah sekali ditemui karena biasa dijadikan sebagai buah tangan bagi para pelancong yang mampir ke kota tersebut. Jika anda berinisiatif untuk mencoba membuat telur asin di rumah atau mencoba berbisnis telur asin, anda dapat membuatnya dengan mengikuti langkah penyajian dari resep cara membuat racikan telur asin gurih berikut ini.

Resep Cara Membuat Racikan Telur Asin Gurih

Bahan-bahan

  • Telur bebek/telur ayam kwalitas bagus dengan kuning telur kemerahan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Abu gosok secukupnya
  • Batu bata merah halus secukupnya
  • Ekstrak daun teh (3000 cc air per 50 gr teh)

Cara Membuat Telur Asin Mudah Sederhana

Dengan Cara Direndam Dalam Campuran Air Garam

  1. Masukkan garam ke dalam air dalam wadah secukupnya saja, aduk aduk merata hingga larut.
  2. Kemudian letakan telur fdalam wadah berisi air asin tersebut hingga 10 hari lamanya sampai rasa asin menyerap ke dalam telur dan biarkan tertutup.
  3. Perendaman dengan jangka waktu yang lebih lama akan menghasilkan telur yang lebih asin lagi.

Dengan Cara Mencampurkan Telur Pada Adonan Garam

  1. Buat adonan dengan cara mencampurkan air dengan garam hingga mengental seperti halnya pasta.
  2. Siapkan telur dan tata dalam wadah lalu siramkan campuran air garam kental pada telur yang sudah di tata dalam wadah tersebut. diamkan hingga berhari-hari lamanya.
  3. Setelah beberapa hari lamanya, bersihkan telur dan telur asin siap untuk dikonsumsi.

Dengan Cara Menggunakan Campuran Garam, Abu Gosok dan Batu Bata Halus

  1. Haluskan batu bata merah lalu campurkan dengan abu gosok dan garam, aduk merata.
  2. Tuangkan air ke dalam campuran bahan di atas hingga menyerupai pasta, lalu lapisi telur bersih dengan bahan campuran abu gosok ini sampai merata dan rapih.
  3. Letakan dengan rapih di tempat terbuka hingga 7 sampai 15 hari lamanya. Semakin lama berarti tingkat keasinan telur akan semakin tinggi.

Dalam pemilihan telur untuk dijadikan telur asin, pilihlah telur bebek dengan kwalitas bagus yang masih memiliki butir kuning kemerahan. Jika tidak ada telur bebek anda juga dapat menggunakan telur ayam sebagai bahan utama pembuatan telur asin. Sedangkan untuk mengecek apakah telur tersebut bisa diolah menjadi telur asin atau tidak, anda dapat memasukkannya ke dalam genangan air dalam ember, jika tenggelam berarti kwalitas telur masih bagus sedangkan jika telur mengambang berarti kwalitas telur tersebut jelek. Pastikan juga untuk membersihak telur dengan mengelapnya terlebih dahulu sebelum proses pengasinan dimuali dan merendamnya dalam air bersih dingin.

Supaya tidak terkelabui oleh tangan-tangan jahil yang ingin meraup keuntungan dengan cara menjulakan telur asin palsu kepada para konsumen ada baiknya jika anda mengetahui ciri-ciri telur asin palsu sehingga anda tidak tertipu dan aman saat mengkonsumsi telur asin yang anda beli. Telur asin palsu biasanya kedapati kuning telur berwarna pucat bukan kuning kemerahan atau kuning segar. Dan pada saat proses pengasinan, telur asin palsu hanya direndam satu hari saja dengan menggunakan cuka dan menyuntikan air garam ke dalamnya. Selain itu, telur asin palsu juga diberi pewarna tekstil agar menyerupai telur asin asli. Untuk menghindari hal ini anda dapat mengeceknua dengan cara mengusap permukaan telur. Apabila terasa kesat dan warn kulit telur mengusam berarti menandakan bahwa telur asin tersebut adalah telur asin palsu.

Selamat mencoba!

cara membuat telur asin dari telur ayam,Cara membuat telur asin dengan telur ayam,cara membuat telur ayam asin,Cara membuat telur asin gurih,cara membuat telor asin dari telor ayam,membuat telur asin dari telur ayam,telur asin dari telur ayam,Cara membuat telur asin ayam,telur asin gurih,telur ayam asin,
Resep Cara Membuat Racikan Telur Asin Gurih | Umi Zahra | 4.5