Resep Kue Special Lidah Kucing Enak Renyah

Resep Kue Special Lidah Kucing Enak Renyah – Jika di Belanda ada penganan kattetong maka di Indonesia pun ada penganan sejenisnya yaitu kue lidah kucing. Kue ini memang diadaptasi dari kue asal negeri kincir angin tersebut dengan nama yang disesuaikan. Kattetong dalam bahasa Indonesia memiliki arti lidah kucing maka jadilah nama cemilan enak ini kue lidah kucing.

Bentuk kue ini memanjang dan diproses dengan cara pemanggangan atau di oven. Suhu yang biasa distel dalam pemanggangan kue lidah kucing mencapai 160°C dan berdurasi selama ±20 menit. suhu dan tempo yang diatur dalam pemanggangan kue ini akan berpengaruh pada hasil akhir kue. Jika suhu terlalu tinggi dan durasi terlalu lama maka kue akan kedapati gosong pada bagian pinggirnya dengan tekstur yang masih lembek pada bagian tengah kue.

Untuk memudahkan proses pembuatan kue lidah kucing anda dapat menggunakan Loyang khusus kue lidah kucing yang sudah banyak dijumpai di pasaran. Hal ini supaya kueyang diolah tidak mudah hancur dan bentuk akan tetap cantik. Jika anda ingin mencoba menyajikan kue lidah kucing untuk cemilan santai keluarga di rumah, anda bisa membuatnya dengan mengikuti resep kue lidah kucing enak seperti berikut ini.

Resep Kue Special Lidah Kucing Enak Renyah

Resep Kue Lidah Kucing

Bahan-bahan Kue Lidah Kucing

  • Tepung terigu (protein rendah), 600 g
  • Telur ayam (ambil putihnya saja), 4 pcs
  • Kuning telur, 2 pcs
  • Mentega, 600 g
  • Pasta vanili, 1 sdt
  • Susu bubuk (fullcream), 50 g
  • Gula halus, 350 g
  • Gula pasir, 2 sdm

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

  1. Langkah awal yaitu mengolah bahan kue untuk dijadikan adonan dengan cara mencampurkan bahan mentega, pasta vanili, gula halus, lalu aduk merata sampai berwarna putih pucat. Kemudian masukkan kuning telur dan kocok rata supaya adonan mengembang.
  2. Selanjutnya campur jadi satu tepung terigu dan susu bubuk, lalu ayak halus dan masukkan ke dalam adonan.
  3. Sementara itu, tuang putih telur dalam wadah lain, lalu kocok dengan campuran gula pasir sambil tetap dikocok sampai menjadi kaku.
  4. Kemudian tambahkan kocokan putih telur ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Gunakan spatula untukmemudahkan pengadukan.
  5. Terakhir, siapkan loyang kue lidah kucing dan olesi dengan mentega agar tidak lengket dan melekat dengan adonan kue saat dipanggang. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah dipasangi spuit motif polos. Lalu semprotkan adonan dalam plastik pada loyang yang telah disiapkan. Berikutnya, panggang dalam oven dengan suhu 160°C selama ±20 menit sampai matang sempurna. Angkat dan sajikan.

Kue lidah kucing termasuk jenis kue kering yang mudah sekal hancur. Pastikan anda sangat berhati-hati saat akan memindahkan kue dari loyang ke wadah saji. Supaya dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama ±3 bulan, masukkan kue lidah kucing ke dalam toples kedap udara untuk dinikmati nanti. Selain itu kue ini juga cocok disajikan sebagai suguhan special saat lebaran.

Dapatkan juga resep masakan special hari raya hanya di makanajib.com, terasa sedap terasa mantap. Selamat mencoba!

lidah kucing,kue lidah kucing,tips agar lidah kucing tidak lengket di loyang,cara agar kue lidah kucing tidak lengket,tips membuat lidah kucing agar tidak lengket,cara membuat lidah kucing agar tidak lengket,penyebab kue lidah kucing lengket di loyang,https://www makanajib com/resep-kue-special-lidah-kucing-enak-renyah/,penyebab lidah kucing matang tidak rata,resep lidah kucing tidak mudah hancur,
Resep Kue Special Lidah Kucing Enak Renyah | Umi Zahra | 4.5