Resep Membuat Cuanki Bandung Komplit Enak

Resep Membuat Cuanki Bandung Komplit Enak – Cuanki atau juga dikenal dengan sebutan baso tahu adalah jajanan berkuah khas bandung yang terdiri dari bakso ikan/udang, kulit pangsit goreng dan tahu isi kukus. Kuahnya adalah air kaldu yang dibuat dari rebusan air yang dicampur dengan bumbu sederhana seperti bawang merah dan bawang putih halus, lada serta cincangan seledri dan bawang merah goreng.

Jajanan cuanki sepintas mirip dengan sajian bakso pada umumnya, hanya saja untuk penyajian cuanki biasanya tidak menambahkan sayuran seperti tauge, caisim atau sawi hijau dan mie kuning atau putih. Selain itu, karakter unik cuanki ini juga terlihat dari para pedagangnya yang masih mempertahankan gaya klasik dengan membawa berbagai bahan dan peralatan membuat cuanki dengan tanggungan yang telah dikemas rapih. Menyantapnya di saat udara dingin atau pertolongan pertama pada perut keroncongan bisa menjadi alternatif sajian spesial nikmat. Daerah Bandung dan sekitarnya yang ingin menikmati nikmatnya cuanki kuah dapat langsung menuju para pedagang cuanki biasa mangkal atau berlalu-lalang.

Nah, bagi anda yang juga penasaran atau ingin kembali menikmati nikmatnya cuanki kuah namun kebetulan jarang menemukan pedagangnya, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di dapur rumah dan menikmatinya di meja makan bersama keluarga. Komposisi dan langkah penyajiannya dapat selengkapnya anda lihat pada ulasan resep cuanki kuah berikut ini.

Resep Membuat Cuanki Bandung Komplit Enak

Lihat Juga :

Resep Cuanki Kuah

Bahan Utama Cuanki

  • Daging ikan tenggiri 400 gr digiling halus
  • Udang kupas 100 gr, digiling halus
  • Tepung sagu tani 350 gr
  • Tahu kulit 10 buah
  • Kulit pangsit 20 lembar

Bahan Bumbu Cuanki

  • Daun bawang 1 lembar, diiris
  • Bawang putih 5 siung, diulek halus
  • Bawang Merah 7 siung, diulek halus
  • Ladasecukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Garam halus 1 sdm
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Seledri 2 lembar

Cara Membuat Jajanan Cuanki Kuah Khas Bandung Komplit Enak

  1. Sisihkan tepung terigu, kulit pangsit dan tahu. Sementara bahan utama lainnya dicampur menjadi satu.
  2. Sisihkan setengah bagian lada, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Sementara setengahnya lagi dicampur satu.
  3. Bahan utama yang sudah dicampurkan kemudian diberi tambahan campuran bumbu halus dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
  4. Adonan yang sudah dibuat kemudian dibagi menjadi dua.
  5. Rebus air sampai mendidih dan matang.
  6. Setengah bagian adonan dibentuk bulat (bakso) lalu dimasukkan ke dalam air mendidih dan tunggu sekitar 10 menit lamanya hingga mengapung ke permukaan air. Angkat dan tiriskan.
  7. Setengah adonan yang belum dipakai kembali dibagi dua dan sisihkan.
  8. Ambil tahu lalu sobek sedikit dan keluarkan bagian isinya. Ganti isi tahu dengan adonan yang telah disiapkan. Sementara adonan yang masih tersisa dibungkus dengan kulit pangsit seperti halnya pembuatan siomay. Begitu seterusnya sampai tahu, kulit pangsit dan adonannya habis.
  9. Kukus tahu isi sekitar 15 menit lamanya sampai matang sementarai kulit pangsi isinya digoreng matang. Angkat dan tiriskan.
  10. Rebus air sekitar 1 liter banyaknya (untuk air kaldu), kemudian tambahkan dengan sisa bumbu halus, penyedap rasa, gula dan garam. Aduk merata dan tunggu sampai mendidih dan matang.
  11. Terakhir menyajikan cuanki dengan cara meletakkan butiran (bakso) ikan, tahu isi kukus, dan kulit pangsit isi yang sudah digoreng matang ke dalam mangkuk. Beri taburan bawang merah goreng dan cincangan seledri lalu siram dengan air kaldunya.
  12. Cuanki komplit jajanan khas bandung siap dinikmati.

Demikian langkah penyajian cuanki bandung yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

resep cuanki,resep cuanki sederhana,cara membuat cuanki,cara membuat cuanki kering,resep cuanki kering,resep kuah cuanki,cara membuat cuanki bandung,cara membuat cuanki tanpa ikan,resep cuangki,cara membuat siomay cuanki,
Resep Membuat Cuanki Bandung Komplit Enak | Umi Zahra | 4.5