Tips Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Ibu Baru

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Ibu Baru – Biasanya, memandikan bayi baru lahir bisa menjadi momen yang sangat menegangkan. Apalagi bagi ibu baru. Sebagai ibu, Anda harus menyiapkan diri serta membekali diri dengan pengetahuan sehingga proses memandikan bayi bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

Lantas, bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang tepat?

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Ibu Baru

Siapkan Perlengkapan untuk Memandikan Bayi dengan Baik

Sebelum bersiap memandikan bayi, usahakan menyiapkan perlengkapan mandinya terlebih dahulu. Berikut beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda siapkan, antara lain:

  • Handuk serta alas ganti
  • Permukaan yang aman dan datar seperti meja ganti pakaian atau tempat tidur
  • Air untuk memandikannya, pastikan air tak terlalu panas dan dingin
  • Waslap untuk menyeka tubuhnya
  • Pakaian serta popok pengganti
  • Pilih sabun yang aman. Selain sabun, sebenarnya Anda juga dapat menggunakan produk pembersih kulit yang aman untuk bayi. Selain itu hindari pembersih yang memiliki kandungan anti biotik dan pewangi berlebihan.

Pilih ruangan dengan suhu hangat untuk memandikannya, jangan lupa siapkan berbagai perlengkapan mandi yang mudah dijangkau oleh tangan.

Tips Memandikan Bayi

Setelah selesai menyiapkan berbagai perlengkapan untuk dirinya, berikut beberapa tips memandikan bayi:

  • Beri ketenangan

Anda bisa meluangkan waktu selama beberapa menit untuk berbicara pada bayi, sembari bersiap memandikannya. Setelah selesai melepas seluruh pakaiannya, balut bayi menggunakan handuk.

  • Cuci area mata terlebih dahulu

Sembari memegang kepala bayi, Anda bisa membersihkan area mata secara lembut dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Kapas cocok digunakan karena tidak meninggalkan serabut. Saat membersihkan mata, gunakan kapas baru, selain itu selalu beri usapan dari sudut mata dalam menuju ke arah luar sehingga tidak ada lendir atau kerak yang berada di sudut mata.

  • Cuci wajahnya

Saat mencuci wajah, usap area hidung dan mulut dengan baik. lakukan usapan mulai bagian tengah sampai ke luar. Beri perhatian secara khusus pada bagian belakang telinga, bawah dagu serta lipatan leher. Ketika membersihkan telinga dan hidungnya, jangan memasukkan barang apapun ke liang.

  • Cuci bagian rambutnya

Saat bayi masih dibalut menggunakan handuk, letakkan lengan Anda tepat di punggung kemudian letakkan telapak tangan di area belakang kepala. Gunakan tangan yang bebas untuk membasahi rambut bayi dengan menggunakan waslap. Oleskan sedikit sampo. Bilas rambutnya hingga bersih sampai tidak ada sampo yang tersisa.

  • Cuci tubuh bayi secara perlahan

Setelah membersihkan rambut, jangan lupa mencuci tubuhnya. Mandikan bayi menggunakan pembersih yang bebas sabun dan lembut. Buka handuk di seluruh tubuhnya, lepaskan pula popoknya, basahi tangan dengan air dan tuang sedikit sabun. Mulai bersihkan seluruh tubuhnya. Bersihkan mulai dari leher hingga pinggang, dan bilas seluruhnya. Tutupi bagian atas tubuh menggunakan handuk yang hangat. Usapkan handuk dan turun ke bagian kaki.

Ingatlah untuk selalu mengeringkan seluruh lipatan tubuh dengan baik, karena jika tubuh bayi tidak dikeringkan secara maksimal, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit. Jangan lupa bersihkan area popok menggunakan air hangat. Untuk bayi laki-laki, cuci penis dengan lembut, hindari menarik kulit penis ke belakang, sedangkan untuk anak perempuan, usap area kelamin dengan lembut ke arah belakang.

  • Bagaimana dengan tali pusar?

Biasanya, kita akan sangat takut dengan tali pusar bayi. Sebelum membersihkan tali pusar, Anda dapat memakaikan popok dan baju terlebih dahulu sehingga ia akan tetap terasa hangat, ingatlah untuk tak menutupinya dengan popok, karena bagian tali pusar harus tetap bersih dan kering. Bersihkan area tali pusar menggunakan kapas bulat. Anda tak perlu takut membersihkan tali pusar, karena semakin cepat tali pusar mengering, talinya akan semakin cepat putus.

Setelah selesai memandikan bayi, apakah kita membutuhkan lotion? Penggunaan losion sebenarnya boleh-boleh saja, namun hindari menggunakan pelembab saat bayi belum berusia satu bulan.

Hindari menambah bahan apapun ke dalam cairan mandi, selain itu hindari meninggalkan bayi sendirian di dalam ember. Agar tidak meninggalkannya sendirian di dalam ember atau pun saat sudah selesai mandi, pastikan sudah menyiapkan seluruh perlengkapan mandinya dengan lengkap, benar dan baik.

loading...
Tips Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Ibu Baru | Umi Zahra | 4.5